MAKNA SHOLAT

on Jumat, 05 Desember 2008

Tidak kita sangsikan lagi bahwa ibadah shalat merupakan salah satu pilar Islam. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Bukhari dan Al-Imam Muslim dari sahabat Ibnu Umar radhiyallahu anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alahi wasallam bersabda,“Islam itu dibangun atas lima perkara. Syahadat bahwa tidak ada Sesembahan Yang Berhaq Disembah melainkan Allah dan bahwasanya Muhammad adalah Rasulullah, menegakkan shalat, membayar zakat, berhaji ke Baitullah, dan puasa di bulan Ramadhan”
Dalam menegakkan shalat, kita pun harus mengikuti apa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam di dalam shalat-shalat beliau.
Beliau bersabda,
“Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).
Atas dasar ini saya mencoba menghadirkan pembahasan tentang shalat di blog ini secara ringkas namun runtut. Harapannya, pembaca bisa mengetahui untuk kemudian mengamalkan tata cara shalat yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Pembahasan tentang shalat ini akan disampaikan secara berselang-seling dengan pembahasan tauhid yang sudah dimulai tempo hari dengan artikel “Kewajiban untuk Bertauhid”.
Perlu kiranya diketahui juga, bahwa rujukan yang dipakai untuk artikel-artikel shalat di sini adalah buku Ayo Sholat sesuai sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang diterbitkan oleh Penerbit Darul Ilmi Jogjakarta dan telah diperiksa oleh Al-Ustadz Abdul Mu’thi Al-Maidani.
Insya Allah pembahasan shalat ini akan dimulai dengan pembicaraan mengenai pakaian dalam shalat.

0 komentar: